Jumat, 16 Desember 2011

TUGAS MINGGU KE-5

1.      Fungsi manajemen adalah :
-          Perencanaan (planning)
-          Pengorganisasian (organizing)
-          Pengarahan (directing)
-          Pengkoordinasian (coordination)
-          Pengawasan (controling)
Aplikasi dalam hidup saya sebagai mahasiswa adalah :
-          Perencanaan (planning)
Dalam melakukan sesuatu saya harus melakukan perencanan sebelumnya,dalam hidup saya contoh nya sebelum saya lulus dari SMA saya melakukan perencanaan terhadap masa depan saya seperti jurusan apa yang akan saya ambil,universitas dimana saya akan kuliah serta target pekerjaan yang saya akan kejar . manfaat dari perencanaan adalah untuk menetapkan langkah2 yang akan kita ambil serta tujuammya dan menjaga agar kita tidak melenceng dari jalur yang kita tetapkan.
-          Pengorganisasian (organizing)
Contohnya dalam hidup saya apabila saya di beri tugas kelompok bersama teman2 makaa kami akan melakukan pembagian tugas dalam mengerjakan tugas tersebut manfaat dari peng organisasian adalah membuat kinerja kami lebih terartur dan lebh cepat serta lebih mudah.
-          Pengarahan (directing)
Misanya pada saat saya menjadi ketua kelompok dalam mengerjakan tugas maska saya akan mengarahkan teman2 saya untuk bekerja sesuai bagian mereka serta mengingatkan mereka agar tepat waktu dalam mengerjakannya,manfaat dari pengarahan adalah tetap menjaga suatu kinerja para anggota tetap berjalan sesuai dengan perencanan
-          Pengkoordinasian (coordination)
Contohnya tetap melakukan komunikasi dengan aggota kelompok daalam mengerjakan tugas agar tidak terjadi kesalah pahaman atau mencegah suatu kesalahan,manfaat dari pengcoordinasian adalah agar terjadi kesesuaian dari berbagai kepentingan dan perbedaan.
-          Pengawasam (controling)
Misalnya dalam kerja kelompok saya mengawasi anggota saya dalam mengerjakan tugas mereka masing2 dan mengoreksi kesalahan2 mereka,manfaat dari pengawasan adalah untuk memperbaiki penimpangan2 yang terjadi dalam suatu perencanaan.

2.      Latar belakang sejarah manajemen adalah :
Manajemen ilmiah
            Sejak buku karangan Frderick W. Taylor berjudul The Pinciples of Scientific Management, tahun 1911, Taylor dikenal sebagai Bapak Manajemen ilmiah. Dalam bukunya Taylor mengemukakan beberapa prinsip dalam melakukan pekerjaan, yaitu :
a.       Semua pekerjaan dapat diobservasi dan dianalisis guna menentukan cara terbaik untuk menyelesaikannya
b.      Orang yang tepat untuk memangku jabatan dapat dipilih dan dilatih secara ilmiah
c.       Kita dapat menjamin bahwa cara terbaik tersebut diikuti dengan menggaji pemegang jabatan dengan dasar insentif, yaitu menyamakan gaji dengan hasil kerjanya
d.      Menempatkan manajer dalam perencanaan, persiapan, dan pemeriksaan pekerjaan

3.      Ciri2 dan keterampilan yang di butuhkan oleh seorang manajer :
·         Berkaitan dengan kebutuhan antar pribadi :
a.       Pemimpin lambang (figure head)
Diperlukan untuk menjalankan sebuah kewajiban rutin yang bersifat legal dan sosial
b.      Pemimpin (leader)
Bertangung jawab untuk memotivasi dan mengaktifkan bawahan.
c.       Penghubung (liaison)
Memelihara suatu jaringan kontak luar yang berkembang sendiri yang memberikan dukungan dn informasi.
·         Berkaitan dengan infromasi :
a.       Pemantau (monitor)
Sebagai pusat syaraf informasi internal dan eksternal tentang organisasi.
b.      Penyebar (dissiminator)
Meneruskan informasi yang di terima dari orang luar atau dari bawahan kepada anggota organiasi
c.       Jurubicara (spokes person)
Meneruskan informasi kepada orang luar mengenai rencana,kebijakan,tindakan dan hasil organisasi berkaitan dengan pemgambilan keputusan.
·         Berkaitan dengan pengambilan keputusan :
a.       Wirausaha (enterpreneur)
Mencari kesempatan dalam organisasi dan lingkungannya serta memprakarsai “proyek2 perbaikan” untuk menimbulkan perubahan.
b.      Pengendali gangguan (disturbance handler)
Bertanggung jawab atas tindakan korektif bila organisasi menghadapi gangguan mendadak dan penting
c.       Peng alokasi sumber daya (resource alocator)
Bertanggung jawab terhadap alokasi segala sumber daya organisasi.
d.      Perunding (negotiator)
Mewakili organisasi dalam perundingan2 utama.

4.      Pengertian organisasi adalah :
-          Menurut Boone and Katz
Organisasi adalah Suatu proses tersusun yang orang orangnya berinteraksi untuk mencapai tujuan.
3 elemen pokok organisasi adalah :
1.      Interaksi manusia
2.      Kegiatan yang mengarah pada tujuan
3.      Struktur organisasi itu sendiri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar