Jumat, 16 Desember 2011

TUGAS MINGGU KE-1

1.      Bisnis adalah usaha untuk memenuhi kebutuhan manusia,organisasi atau masyarakat luas dengan cara barter atau tukar menukar barang atau sesuatu yang menguntungkan bagi kedua pihak.merupakan suatu kegiatan memproduksi atau menjual sesuatu untuk mendapatkan untung.
2.      Awal mula bisnis berawal dari masyarakat primitif yang dalam memenuhi kebutuhannya melakukan cara barter atau tukar menukar barang dengan seiringnya zaman masyarakat belajar cara spesialisasi dan diferensial bisnis yaitu dengan menemukan alat pemayaran yaitu uang.
3.      Berdasarkan kegiatan :
bisnis ekstraktif : adalah bisnis yang bahan baku atau sumber dayanya berasal dari alam atau hanya mengambil dari alam,seperti perikanan atau pertambangan.
bisnis agraris : adalah bisnis yang bahan baku nya berasal dari alam dan kemudian di olah lagi. Seperti pertanian dan perkebunan.
bisnis industri : adalah textile dan garmen.
bisnis jasa : adalah bisnis yang kegiatannya memberikan pelayanan jasa seperti telkom,kantor pos, tukang jahit dan lain-lain
4.      Sistem ekonomi adalah system yang digunakan untuk mengalokasikan sumber daya. Macam-macam sistem perekonomian :
Merkantilisme : system tentang kebijakan ekonomi yang bertujuan untuk mengatur perdagangan luar negri dan pembentukan Negara nasional yang kuat
Kapitalisme  : bebas untuk memiliki kekayaan, memiliki perusahaan, dan bersaing secara bebas dalam pasar
Komunisme  : tidak terdapat kekayaan pribadi atau mungkin hanya sedikit dan tidak terdapat mtif keuntungan.
Fasisme: pemerintah memiliki semua industry
Sosialisme : relatif bebas untuk memilih tempat yang diinginkan tetapi pemerintah ikut campur tangan dalam menyesuaikan kebutuhan individunya
Demokrasi ekonomi :  system perekonomian yang berasaskan kekeluargaan dan kegotongroyongan dari, oleh, dan untuk rakyat dibawah pimpinan dan pengawasan pemerintah
5.      Tujuan kebijakan bisnis adalah :
melindungi usaha kecil menengah,maksudnya kebijakan bisnis bertujuan melindungi usaha kecil menengah dari ketiadaan laha bisnis maupun peluang yang di akibatkan usaha besar lain.
Melindungi lingkungan hidup sekitarnya,maksudnya agar kegiatan bisnis tidak memberikan dampak negative terhadap lingkungan sekitar.
Melindungi konsumen,konsumen adalah raja yang harus di lindungi,karena itu kebijakan bisnis mencegah atau melindungi konsumen dari kerugian bisnis.Pendapatan pemerintah,maksudnya karena bisnis merupakan penghasil devisa bagi negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar