Jumat, 16 Desember 2011

TUGAS MINGGU KE-2

1.   1.    Faktor-faktor lingkungan internal adalah:
o   Penyedia
o   Pelanggan
o   Pesaing
o   Tenaga kerja
o   Modal
o   Alat dan mesin
o   Bahan baku
o   Sistem informasi
Contoh kasus :
Harga minyak dunia naik terjadi karena naiknya permintaan bahan bakar pemanas selama musim dingin di utara dan pemogokan baru-baru ini di Prancis yang mengakibatkan ditutupnya kilang-kilang minyak, dan turunnya pasokan minyak dari Atlantik Utara. Dan lemahnya dolar Amerika juga mendorong kenaikan harga, karena minyak diperdagangkan dalam dolar.

2.      2. Perusahaan adalah suatu unit kegiatan produksi yang menggunakan dan mengkoordinir sumber2 ekonomi atau faktor2 produksi untuk menyediakan barang atau jasa agar memuaskan kebutuhan masyarakat dengan tujuan memperoleh keuntungan.
Contohnya : perusahaan minyak,perusahaan tambang kapur,perusahaan mebel,dll.
3.     3.  Faktor produksi adalah :
o   Men : Tenaga kerja dan konsumen : tenaga kerja atau sumber daya manusia adalah salah satu faktor produksi dalam perusahaan yang berperan sangat penting untuk memproduksi suatu barang/jasa seperti hal nya konsumen yang membeli barang produksi tersebut.
o   Money : Modal usaha : setiap usaha memerlukan modal untuk membiayai seluruh kegiatan perusahaan.
o   Materials : Tanah dan sumber alam : tanah berfungsi sebagai tempat atau lokasi dimana suatu perusahaan didirikan dan di jalankan sedangkan sumber alam merupakan bahan baku dalam memproduksi suatu produk.
o   Metode : seperti ide,inisiatif produktif,pengambilan,keputusan resiko,semua kegiatan seperti  itu menggunakan metode2 khusus dalam menentukannya.
4.     4.  Perbedaan producer oriented approach dan consumer oriented approach   adalah :
·         Producer oriented approach :atau pendekatan yang ber orientasi pada produsen yang di kelilingi atau di pengaruhi oleh konsumen dan dilihat dari pasar penjual, contohnya : menjual barang/jasa.
·         Consumer oriented approach : atau pendekatan yang ber orientasi pada konsumen dan di kelilingi atau di pengaruhi oleh produsen dan siliha dari pasar pembeli, contohnya membeli barang/jasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar